Jumat, 09 Januari 2009

Artikel Bagus Nih, Tentang Safety Riding

Atikel ini kuambil dari websitenya suzuki 2 wheels. Semoga bermanfaat.


 

Topik: [yamaha_scorpio] Info Safety Riding

Dear Brodos sekalian,

Berikut ini adalah sedikit info Safety Riding yg wajib kita tanamkan & sebarkan ke seluruh pengendara sepeda motor, untuk mengurangi Resiko Kecelakaan di Jalan Raya. "Ride Safely Respect Others"...

3 (Tiga) Langkah Mengurangi Resiko Kecelakaan di Jalan Raya


 

Written by Andi Pramantyo

Friday, 12 December 2008

Dalam 5 tahun terakhir jumlah kecelakaan mengalami penigkatan sebesar 11% per tahun. Mungkin saja peningkatan ini akan terus bertambah jika tidak diiringi dengan perbaikan sarana transportasi darat. Hampir setiap kecelakaan mengakibatkan korban, untuk itu ada beberapa langkah yang mungkin berguna untuk mengurangi resiko kecelakaan di jalan raya.

1. Lakukan "PERSIAPAN"

Pastikan sepeda motor dalam keadaan fit sebelum digunakan. Cek rem, spion, stang, lampu sein, aki, tekanan angin ban, oli, bensin, rantai dan lainnya. Buatlah urutan pengecekan ini setiap harinya. Apabila menemukan kelainan segera perbaiki ke teknisi atau bengkel langganan anda. Pastikan surat-surat kendaraan (SIM, STNK) lengkap dan tidak tertinggal di rumah. Selalu membawa peralatan bengkel (tool kit) untuk persiapan dalam perjalanan. Lakukan pemanasan ringan sebelum berangkat

2. Lakukan "PERILAKU BAIK DI JALAN RAYA"

Taati peraturan lalu lintas dan hormati pengendara lain. Walaup siang hari, nyalakan lampu agar lebih terlihat oleh pengendara lain. Jangan segan untuk menggunakan klakson, lebih baik berhati-hati dari pada terlanjur celaka. Jangan mengerem mendadak, karena kendaraan tidak akan langsung berhenti dan itu merupakan salah satu penyebab terbesar kecelakaan. Naikkan gigi bertahap, tambah kecepatan juga bertahap. Selama menikung, jaga kemiringan dan kecepatan motor. Kurangi kecepatan saat menikung karena apabila terlalu cepat motor akan bisa keluar jalur dan bertabrakan dengan kendaraan dari arah berlawanan. Jangan egois dan mudah marah. Mudah emosi adalah salah satu kebodohan pengendara yang bisa berakibat fatal. Jangan menyalip atau belok dengan kecepatan tinggi apalagi di antara ruang yang kecil. Bila mengantuk, sakit, sedang sedih dan mudah bengong, sebaiknya tidak usah dipaksakan naik motor sendiri. Jangan melawan arah. Karena ukuran motor kecil, seringkali pengendara mengambil jalur arah berlawanan yang kosong.

3. Lakukan "SELALU GUNAKAN PERLENGKAPAN KESELAMATAN"

HELM, adalah perlengkapan terpenting bagi pengendara sepeda motor. Karena penyebab kematian terbanyak pengendara sepeda motor saat terjadi kecelakaan adalah karena benturan keras di kepala dan wajah.. Oleh karena itu, wajib selalu menggunakan helm berstandar keselamatan, guna meminimalisir dampak buruk bila terjadi kecelakaan. Jangan menggunakan helm tanggung yang hanya menutupi sebagian kecil kepala (cetok). Pastikan tali helm terpasang dengan pas dan benar. Gunakan helm yang berwarna terang dan mencolok. Sebelum kendaraan dijalankan, pastikan tali helm sudah terpasang dengan pas dan benar sampai terdengar bunyi "Klik !"

JAKET dan CELANA, Pilih jaket lengan panjang yang menutupi tangan secara menyeluruh dan celana panjang yang menutupi sampai ke mata kaki. Jaket harus melindungi tubuh dai leher hingga pinggang. Pilih jaket dengan warna terang khususnya saat malam hari, karena biasanya sesama pengendara dikenali lewat warna pakaiannya. Lebih baik lagi bila kita memasang protector di pundak, punggung, siku dan sepanjang tulang tangan.

SEPATU, sepatu terbaik bagi pengendara sepeda motor adalah jenis sepatu boots dari bahan kulit yang khusus untuk pengendara sepeda motor. Pilih yang ada haknya sedikit, solnya tidak terlalu tebal dan bahannya terbuat dari karet agar tidak licin. Gunakan sepatu yang ukurannya satu kali lebih besar, karena biasanya kaki akan bengkak bila kita berkendara dalam waktu yang lama

SARUNG TANGAN, Saat terjadi kecelakaan, telapak tangan adalah bagian yang paling cepat dan refleks merespon. Telapak tanganlah yang biasanya langsung menyentuh aspal dan menahan tubuh bila kita terjatuh. Sarung tangan yang baik tidak terlalu ketat dan tidak terlalu kaku agar tidak mengganggu gerak jari. Sarung tangan yang baik terbuat dari bahan campuran serat kabon dan Kevlar. Bahkan dari kulit juga bagus karena bahan ini relative tidak meneruskan panas ke telapak tangan saat terjadi gesekkan.

Serial Iklan Keselamatan di Jalan Raya oleh Direktorat Jendral Perhubungan Darat

Sumber Artikel : Tabloid Motor Plus Edisi 509


 


 


 

--

Son3 "Free as a Bird"

Div. Turing & Safety Riding

1 komentar:

www.motroad.com mengatakan...

"Terima kasih atas sharingnya...
saya spendapat...

Salah satu hal preventif yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan safety riding dalam berkendara, sesuai dengan namanya safety, maka hal yang diutamakan adalah keselamatan dan keamanan pengendaranya. Safety Riding dapat diartikan suatu cara berkendara yang mengutamakan keamanan dan keselamatan baik bagi pengendara itu sendiri maupun terhadap pengendara lain.

by: www.motroad.com"