Sabtu, 15 Agustus 2009

Nyoba Modem Baru

Lagi nyobain modem baru, GSM modem. Sebelumnya aku pake CDMA modem ZTE MG880. Lumayan bandel sih, pulsa jg lmyn irit karena aku pake StarOne, hanya Rp 1/kb. Dari beberapa operator CDMA yang kupake yaitu Flexi dan Starone, Starone jauh lebih baik, baik itu dalam masalah tarif ataupun kestabilan. Perbandingan tarifnya, Starone Rp 1/kb, Flexi Rp 5/kb. Sayangnya, flexi tidak stabil, sering putus nyambung. Jadi kurang nyaman dipake, sehingga aku lebih sering pake Starone daripada Flexi. Flexi hanya kupake saat tertentu saja, saat pulsa Starone habis dan saat di suatu daerah yang sinyal Starone masih belum bisa menjangkau. Tapi sayang, CDMA modem ini ada kelemahan, antara lain kalau mau keluar kota harus registrasi dulu. Untuk Flexi harus kirim sms ke 777 dengan format on spasi kota tujuan/kode area. Atau bila lupa dan sudah terlanjur keluar kota, ketik *777*kode area#. Untuk Star one ketik *123#kode area, dengan masa aktif 5 hari. Untuk memperpanjang, ketik *124#kode area dengan masa aktif 3 hari. Dan untuk menonaktifkannya, ketik *125#kode area. Saran saya, sebelum meninggalkan kota, segera me non aktifkan nomor combo. Karena dikhawatirkan bila tidak dinonaktifkan, nomor Asli akan terblokir.

Nah atas kelemahan/ketidaknyamanan itulah, aku mencoba beli modem GSM Sierra Wireless885U. Aku mencoba memakai IM3 dan Telkomsel Flash. Kalo memakai IM3, lumayan cepat dan relatif stabil, tapi pulsa membengkak. Akhirnya mencoba telkomsel flash yang pra bayar, dengan cara mendaftar FC spasi ON spasi 10k/10000, dengan mendapat volume 35 mB. Lumayan Murah kan.... Nah tetapi ada kelemahan untuk Flashnya, yaitu tidak stabil. Berkali2 putus nyambung. Terutama untuk daerah yang berbatasan antara jaringan 2G, 3G dan 3,5G. Bila kita berada di antara area 3G dan 3,5G, maka modem akan mencari jaringan yang lebih tinggi (3,5G). Nah, setelah menelepon ke Operator 116, disarankan untuk mengeset jaringan secara manual, tidak otomatis, yaitu diset ke 2G saja, 3G saja atau 3,5G saja. Setelah saya coba set ke 2G (GPRS) saja, hasilnya relatif lebih stabil, meskipun kadang-kadang masih suka putus. Nah, mungkin bagi teman-teman yang punya pengalaman memakai Operator GSM untuk ber internet ria, Operator mana yang lebih baik dengan kriteria harga relatif murah, koneksi stabil? Mohon masukannya.

Oh iya, untuk membantu teman-teman yang memakai modem Sierra 885U dan telkomsel Flash pra bayar untuk operatornya, saya bantu informasi untuk mengeset nya.

Profile Name    : Tsel Broadband

Username    :

Password    :

APN        : internet

IP        : Dynamic IP

Authentication    : CHAP


 


 

Semoga Bermanfaat...!!!

Tidak ada komentar: